Minggu, 24 Desember 2017

Resep & cara membuat Amplang Kalimantan yang gurih dan renyah

Resep & cara membuat Amplang Kalimantan - Bagi anda yang belum tau apa itu amplang, ketahuilah bahwa amplang merupakan kerupuk khas dari kalimantan yang cukup digemari serta dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke luar daerah. Dilihat dari bentuk serta warnanya mungkin terlihat biasa saja namun apabila dicoba maka anda akan dapat merasakan gurihnya amplang dan ingin nambah lagi untuk dimakan terutama dimakan dengan nasi.

Resep & cara membuat Amplang Kalimantan yang gurih dan renyah
Amplang Kalimantan yang gurih dan renyah

Bahan dari Amplang yaitu daging ikan yang digiling halus dengan campuran tepung sagu. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tenggiri, gabus (haruan), atau belida (ikan pipih). Setiap jenis ikan tersebut memiliki kekhasan tersendiri. Jenis ikan yang dianggap terbaik adalah ikan belida karena rasa gurihnya yang lebih enak dan tekstur daging yang lembut ketika dihaluskan.

Resep & cara membuat Amplang Kalimantan yang gurih dan renyah

Langkah pertama, ikan yang telah dibersihkan dari sisik dan duri digiling hingga halus. Daging yang telah halus diberi garam, bumbu-bumbu, serta air hingga rata. Lalu, dimasukkan tepung sagu dan diuleni hingga kalis. Adonan tersebut kemudian direbus atau dikukus selama kurang lebih satu jam, lalu dijemur agar menghasilkan amplang yang bagus saat digoreng.

Langkah kedua adalah pemotongan dan penggorengan amplang. Adonan yang masih berbentuk gumpalan besar tadi diiris tipis, lalu dipotong memanjang atau berbentuk dadu dengan ketebalan sekitar 0,5-1 centimeter. Potongan-potongan ini digoreng dengan minyak panas hingga mengembang dan berwarna kuning kecokelatan.

Setelah ditiriskan, amplang dapat disimpan dalam wadah tertutup agar tetap renyah dan tahan lama. Ada juga cara membuat amplang tenggiri yang bisa bunda lihat pada bahan dan cara membuat di bawah ini.

Bahan dalam membuat kerupuk amplang ikan tenggiri :

  • 1 kg Daging Ikan Tenggiri
  • 2 kg Tepung Tapioka
  • Air 750 ml
  • 4/5 ons Garam
  • Bumbu penyedap secukupnya
  • 5 siung Bawang Putih
  • Tambahkan Cita Rasa seperti Udang ebi, keju, pedas, atau yang anda sukai.
Cara Membuat Kerupuk Amplang Ikan Tenggiri :
  1. Pertama adalah haluskan atau giling daging ikan tenggiri yang sudah anda siapkan di atas.
  2. Setelah itu campurkan daging ikan tenggiri yang sudah anda haluskan tadi dengan tepung, air, garam serta penyedap yang anda inginkan. Kemudian aduk semua bahan tadi secara merata.
  3. Bentuk adonan di atas dengan bentuk memanjang atau sesuai keinginan anda.
  4. Potong adonan yang sudah anda bentuk tadi sesuai keinginan anda.
  5. Kemudian goreng kerupuk yang sudah anda potong tadi dalam minyak yang panas dan banyak selama 30 menit hingga kerupuk mengering dan mengapung. Untuk menghindari gosong atau hangus, sebaiknya anda terus mengaduknya ketika anda sedang menggoreng agar terhindar dari gosong tersebut.
  6. Angkat kerupuk amplang yang sudah anda goreng tadi dan tiriskan hingga kering dan tidak tersisa minyak agar nantinya bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama.
  7. Amplang sudah siap untuk dihidangkan atau dikemas.
 Sementara itu saja Resep & cara membuat Amplang Kalimantan yang gurih dan renyah yang kami berikan kepada anda untuk dicoba dirumah, semoga hasilnya sesuai dengan harapan sehingga amplang kalimantan ini rasanya gurih dan juga renyah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep & cara membuat Amplang Kalimantan yang gurih dan renyah